Jumat, 30 November 2012

TUGAS KE-4


ANALISIS UNSUR EKSTRINSIK NOVEL

Novel : Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Karya : Tere Liye
Oleh : Hilyah Amaly Nayyirah, Kelas : XI-IPA



1.              Nilai Moral

      Dalam novel ini yang bisa kita ambil nilai moralnya adalah, ketidak putus-asa-an adalah hal terpenting ketika kita ingin mencapai apa yang kita inginkan. Ketika Tania yang sangat semangat dalam belajar, ia sukses hingga mendapatkan beasiswa untuk sekolah di Singapura

Nilai Sosial

Nilai sosial pada novel ini adalah, kita bisa bersosialisasi kepada semua orang, tidak memandang bulu untuk hal memilih teman. Seperti Tania yang memiliki teman sebaya dari luar negeri, Anne. Walaupun beda agama dan ras suku bangsa, mereka tetap memiliki persahabatan yang sejati.

3.      Nilai Ekonomi

Hikmah dari novel ini dari sisi nilai ekonomi adalah, kita harus menghargai apapun pekerjaan kita. Seperti Tania dan Dede, walaupun mereka adalah seorang pengamen, mereka tidak pernah berniat untuk mencuri. Mereka bersyukur atas apa yang mereka hasilkan dari mengamen sehari-hari mereka.

Hasil temuan
1.      Banyak pria yang tertarik pada seorang wanita biasanya memiliki sifat impulsif, mereka tidak bisa menahan diri untuk tidak menunjukkannya secara berlebihan.
2.      Pria dewasa yang mencintai perempuan yang jauh umur dibawahnya terkadang menutup-nutupi perasaan itu. Ia akan menganggap mereka sebagai adik perempuan saja, tidak akan lebih.
3.        

1 komentar:

  1. nilai bukan hikmah, Hily...

    nilai itu hal-hal yang terkandung dalam sebuah novel. :)

    Happy writing!

    BalasHapus